Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur atau langkah-langkah pengembangan, dan (2) mengetahui kelayakan modul mata pelajaran Perawatan dan Perbaikan Sasis, pemindah Tenaga Otomotif untuk kelas XI di SMK N 2 Klaten. Penelitian ini adalah jenis penelitian RD dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, tahapannya yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Data diperoleh dari penilaian oleh seorang ahli media dan seorang ahli materi serta respon pengguna sebanyak 36 peserta didik kelas XI TMPO B di SMK N 2 Klaten. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian kelayakan modul pembelajaran yaitu: dari ahli media mendapat skor 3,10 dari skala 4 dengan kategori layak; dari ahli materi mendapat skor 3,29 dari skala 4 dengan kategori sangat layak; dan respon pengguna mendapat skor 3,25 dari skala 4 dengan kategori sangat layak. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Modul Perawatan dan Perbaikan Sasis, Pemindah Tenaga Otomotif (PPSPTO) kelas XI dinyatakan layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran. Kata Kunci: modul, pemindah tenaga, RD
Copyrights © 2021