Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 2, No 3 (2019): October

KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN

Afita Sari, Dwy (Unknown)
Suneki, Sri (Unknown)
Purnamasari, Veryliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui keefektifan model Snowball Throwing brebantu media Wayang Kertas terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Kuwu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-eksperimental design dengan bentuk One-Group-Pretest-Posttest Design yaitu hanya satu kelas yang digunakan sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini nilai rata-rata pretest sebesar 66,4 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 75,4. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, uji ketuntasan belajar dan uji t. Analisis data menggunakan uji t diperoleh hasil 14,466 lebih besar dari ttabel yaitu 2,026 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Snowball Throwing berbantu media Wayang Kertas efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Kuwu Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku.Kata kunci: Snowball Throwing, Wayang Kertas, Hasil Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...