Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 2 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL OPEN ENDED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SENDANGDALEM TAHUN AJARAN 2017/2018

Puspitaningtyas, Endah (Unknown)
Suryandari, Kartika Chrysti (Unknown)
Wahyudi, Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah melalui penerapan model Open Ended Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus.  Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Sendangdalem yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan angket. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Open Ended Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah Matematika pada siswa dalam mata pelajaran Matematika kelas V diketahui dari penelitian yang menunjukkan bahwa persentase siswa pada siklus I mencapai 70,9%, siklus II mencapai 80,41%, dan siklus III mencapai 85,38%. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah Matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...