Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Pendekatan Paikem untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Tentang Pengukuran Sudut pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Purwodadi Tahun Ajaran 2018/2019

P, Mauliddhina Imas (Unknown)
Wahyudi, Wahyudi (Unknown)
Chamdani, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pengukuran sudut pada siswa kelas IV melalui penerapan pendekatan PAIKEM. Jenis Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan tiga siklus. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV di sekolah dasar negeri 3 Purwodadi tahun ajaran 2018/2019. Data yang digunakan adalah data kualitatif yang berupa hasil observasi dan wawancara tentang penerapan pendekatan PAIKEM dan data kuantitatif berupa nilai tes evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pengukuran sudut pada siswa kelas IV sekolah dasar negeri 3 Purwodadi tahun ajaran 2018/2019

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...