Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 1 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penggunaan Model Open Ended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 2 Mekarsari Tahun Ajaran 2017/2018

Murcahyani Murcahyani (Unknown)
Suhartono Suhartono (Unknown)
Moh. Salimi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mata pelajaran Matematika melalui penggunaan model Open Ended Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Group Open Ended Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mata pelajaran Matematika kelas V.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...