Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 9, No 1 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Application Of The Problem Based Learning Model To Improve Communicating Skill In Elementary School Students

Hardono, Fajar Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengomunikasikan pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Papahan Karanganyar tahun ajaran 2020/ 2021 melalui pembelajaran IPA secara daring menggunakan Zoom Meeting dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap pertemuan dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Papahan Karanganyar tahun ajaran 2020/ 2021 sejumlah 33 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan beberapa dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kajian dokumen. Teknik uji validitas yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan mengomunikasikan pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Papahan Karanganyar tahun ajaran 2020/ 2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...