Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 1 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Team Quiz Dengan Media Gambar dalam Peningkatan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V SDN 2 Krakal Tahun Ajaran 2017/2018.

Novitasari, Devi (Unknown)
Suyanto, Imam (Unknown)
Suhartono, Suhartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran model Team Quiz yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V sekolah dasar. (2) Untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Krakal Tahun Ajaran 2017/2018 melalui penerapan pembelajaran model Team Quiz; Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus dengan dua kali pertemuan tiap siklusnya dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan. Langkah-langkah Penerapan model Team Quiz dengan media gambar menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: a) pengenalan media gambar, (b) pemilihan topik, (c) pembagian kelompok, (d) penyampaian format pelajaran, (e) penyampaian materi dengan gambar, (f) kuis antar kelompok, (g) penyimpulan bersama. Model Team Quiz dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa terbukti pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 4,54%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 72,72%, pada siklus II meningkat menjadi 86,36%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...