Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 1 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Dengan Media Pop Up Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri 3 Kalirejo Tahun Ajaran 2017/2018

Wijayanti, Shanty (Unknown)
Suhartono, Suhartono (Unknown)
Suyanto, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends dengan media Pop Up dan meningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends dengan media Pop Up pada siswa kelas III SD Negeri 3 Kalirejo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdapat dua pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Kalirejo dengan jumlah 26 siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends dengan media Pop Up dapat meningkatakan keterampilan berbicara pada siswa kelas III SD Negeri 3 Kalirejo tahun ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...