Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 1 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Teknik Make A Match untuk Meningkatkan Pembelajaran Pkn tentang Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat pada Siswa Kelas IV SDN Kaliwungu Tahun Ajaran 2017/2018

Riskiana, Jana (Unknown)
Rokhmaniyah, Rokhmaniyah (Unknown)
Suhartono, Suhartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan teknik make a match, (2) meningkatkan pembelajaran PKn tentang Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kaliwungu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1) Langkah-langkah penerapan teknik make a match dilaksanakan melalui tujuh langkah, yaitu: (a) penyiapan kartu, (b) pembagian kartu, (c) pencarian jawaban, (d) pencarian pasangan, (e) pemberian poin, (f) pengulangan teknik, (g) pembuatan kesimpulan; (2) Penerapan teknik make a match dapat meningkatkan pembelajaran PKn

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...