Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL)
Vol 2 No 1 (2021): Vol 2 Issue 1 (2021)

Iklim Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Padang

Septiara Yolanda (Unknown)
Nurhizrah Gistituati (Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Ahmad Sabandi (Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Irsyad Irsyad (Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2021

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai persepsi para guru mengenai iklim sekolah dengan indikator; dukungan, afiliasi, keakraban, keterlibatan, kelengkapan sarana dan prasarana, serta kenyamanan lingkungan fisik. Penelitian ini berjenis deskriptif-kuantitatif dan populasi pada penelitian adalah seluruh guru yang menjadi tenaga pengajar di SMKN 3 Padang sebanyak 87 guru. Sampel berjumlah 49 guru dengan menghitung besarannya memakai rumus Slovin serta dilakukan pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen penelitan berbentuk angket dengan model skala Likert yang sudah dilakukan pengujian validitas dan reabilitasnya. Selanjutnya data yang terkumpul dilakukan analisis dengan mencari rata-rata dan tingkat capaiannya dan diperoleh hasil yang memperlihatkan bahwa iklim sekolah SMKN 3 Padang memperoleh rata-rata 4,17 dan tingkat capaian 83,40% berada pada kriteria kondusif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences Other

Description

Ruang Lingkup pembahasan Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) yaitu perencanaan pendidikan, manajemen pendidikan, pengawasan pendidikan, kepemimpinan, manajemen sekolah, administrasi sekolah, manajemen sumber daya manusia, komunikasi organisasi, hubungan masyarakat, ...