INKUIRI : Jurnal Pendidikan IPA
Vol 5, No 3 (2016): INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA

PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI INQUIRY BASED ON INTERACTIVE DEMONSTRATION UNTUK MEMBERDAYAKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMA NEGERI 1 MAGELANG

Nikmah Nikmah (Unknown)
Sajidan Sajidan (Unknown)
Puguh Karyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2016

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan yaitu mengetahui: 1) Karakteristik modul biologi inquiry based on interactive demonstration pada materi bioteknologi, 2) Kelayakan modul biologi inquiry based on interactive demonstration pada materi bioteknologi, 3) Keefektifan modul biologi inquiry based on interactive demonstration untuk memberdayakan hasil belajar siswa kelas XII IA pada materi bioteknologi di SMAN 1 Magelang. Penelitian menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan (R&D) Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Validasi produk pengembangan dilakukan oleh ahli materi, ahli pengembangan media, ahli perangkat pembelajaran, ahli bahasa, dan praktisi pendidikan. Subyek penelitian dan pengembangan meliputi: Subyek uji coba terbatas (keterbacaan) sejumlah 12 siswa kelas XII IA SMAN 3 Magelang, subyek uji lapangan operasional (keefektifan) sejumlah 26 siswa kelas XII IA-2 sebagai kelas modul dan 24 siswa kelas XII IA-4 sebagai existing class di SMAN 1 Magelang. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan: 1) Karakteristik modul biologi inquiry based on interactive demonstration pada materi bioteknologi yang dikembangkan sesuai sintaks inquiry based on interactive demonstration meliputi tahap observasi, manipulasi, generalisasi, verifikasi, dan aplikasi; 2) Modul biologi inquiry based on interactive demonstration pada materi bioteknologi layak digunakan sebagai bahan ajar baru di sekolah berdasarkan validasi dan uji coba lapangan; 3) Modul biologi inquiry based on interactive demonstration pada materi bioteknologi dinyatakan efektif untuk memberdayakan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar siswa  Kelas Modul lebih besar dari Existing Class.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

inkuiri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

INKUIRI Jurnal Pendidikan IPAis a peer-reviewed open-access journal. The journal disseminates papers written based on the results of study and review of literature in the sphere of natural sciences education, biology education, physics education, and chemistry education in primary, secondary, and ...