Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat produk, mengetahui kelayakan, dan mengetahui efektivitasmultimedia interaktif berbasis inkuiri berwawasan potensi lokal menggunakan macromedia flash pada materitumbuhan lumut dan paku. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D Borg and Gall yangmeliputi tahap: research and information collection, planning, develop preliminary form of product, expertjudgement, revisi produk, preliminary field testing, dan uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilakukan dalamseting eksperimen yang melibatkan 3 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster randomsampling terdiri dari satu kelas. Kelas kontrol (X.3) belajar menggunakan model konvensional, kelas Media(X.4) belajar menggunakan media yang telah dikembangkan, dan kelas Agregasi (X.5) belajar denganmenggunakan model, modul, dan media yang telah dikembangkan. Teknik pengumpulan data menggunakanmetode tes untuk data prestasi belajar kognitif, angket dan lembar observasi untuk prestasi belajar afektif danprestasi belajar psikomotor. Hasil penialaian media oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi adalah 97.83,87.96, dan 93.6. Penggunaan multimedia interaktif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, sehinggaefektif digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2014