Sekolah sebagai lembaga pendidikan bertugas untuk menyelenggarakan proses pendidikan dan proses belajar mengajar dalam usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam hal ini kepala sekolah yang diberi tugas untuk memimpin sekolah dan bertanggung jawab atas tercapainya tujuan sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kepimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan mutu madrasah dengan meningkatkan motivasi belajar para siswanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenalogi yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga alur analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi siswanya adalah dengan 3 cara: pertama, meningkatkan sarana dan prasarana atau fasilitas sekolah selama pembelajaran masa pandemi, seperti menambah jaringan wifi dan menambah jumlah komputer. Kedua, meningkatkan sumber daya guru dengan menfasilitasi dan memberikan pelatihan yang berkaitan dengan pembelajaran jarak jauh serta memberikan suntikan dana untuk pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara mandiri oleh guru di rumah. Ketiga, mengembangkan potensi siswa di bidang IPTEK sebagai motivasi siswa untuk terus semangat belajar dan mengikuti proses pembelajaran.
Copyrights © 2022