Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Vol 3, No 1 (2021): JANUARI

Analisis Faktor-Faktor Tingkat Keterikatan Dan Kepuasan Dosen Dan Tenaga Kependidikan Di PTN-Baru

Damrus Damrus (Universitas Teuku Umar)
Helmi Noviar (Universitas Teuku Umar)
Muhammad Rahmat Hidayat (Universitas Teuku Umar)
Amsal Irmalis (Universitas Teuku Umar)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor  tingkat keterikatan dan kepuasan dosen dan tenaga kepandidikan pada Perguruan Tinggi Baru (PTN-B). Tingkat keterikatan dilihat dari indikator Focused Work, Interpersonal Support dan Individual Value. Data dari penelitian ini didapatkan dari penyebaran kuesioner pada PTN-B.  Dari hasil analisis penilitian ini, diketahui bahwa terdapat tingkat keterikatan dan kepuasan yang tinggi di PTN-B secara keseluruhan. Kemudian, dosen dengan jabatan lektor kepala memiliki tingkat kepuasan yang lebih baik jika dibandingkan dengan dosen dengan jabatan fungsional di bawahnya. Selanjutnya, hasil yang cukup menarik juga dapat kita lihat dari segi status kepegawaian, bahwa dosen dan tendik yang berstatus PNS cenderung memiliki keterikatan dan kepuasan yang lebih rendah dibandingkan dosen dan tendik dengan status kepegawaian lainnya, meskipun masih dikategorikan pada indeks yang masih tinggi, begitu pula jika dilihat dari faktor umur dan masa kerja.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijsse

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) memuat artikel dengan fokus penelitian dan pengkajian di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). p-issn 2655-6588 dan e-issn 2655-6278 . Jurnal ini diterbitkan oleh Insitut Agama Islam Negeri Bengkulu dua kali dalam setahun yaitu setiap ...