Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 9 No 1 (2020): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi

Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bima

fahruddin fahruddin (stkipbima.ac.id)
Herman Herman (stkip bima)
Muh. Nasir (stkip bima)
Nehru Nehru (stkip bima)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian tugas terstruktur terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bima tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 11 Kota Bima yang berjumlah 117 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik claster sampling. Kelas VIIA sebanyak 28 orang sebagai kelompok eksperimen menggunakan metode pemberian tugas terstruktur dan kelas VIIB sebanyak 28 orang sebagai kelompok kontrol tidak menggunakan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Experiment melalui dengan desain pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan berupa soal tes uraian dan lembar observasi. Tehnik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode pemberian tugas terstruktur terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMPN 11 Kota Bima tahun pelajaran 2019/2020, dengan nilai t-hitung 3,41 < t-tabel 2,052

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...