JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran)
Vol. 4 No. 3 (2018): JURNAL ILMIAH PENJAS

PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PJOK SISWA

FATKHUL IMRON (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh gaya mengajar ASSURE terhadap  motivasi belajar siswa kelas IV SD  Muhammadiyah 11 Mangkuyudan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini diadakan pada bulan  November 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD  Muhammadiyah 11 Mangkuyudan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah  siswa SD Muhammadiyah 11 yang berjumlah 60 siswa yaitu kelas IV a dan IV b , sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini secara operasional melibatkan dua variabel   yaitu variable bebas dan variable terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran ASSURE sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan  tes angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis (uji keseimbangan, uji normalitas, dan uji homogenitas), uji validitas (korelasi product moment), serta uji reliabilitas (alpha cronbach). Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada   pengaruh model pembelajaran ASSURE terhadap motivasi  siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK .

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan konseptual serta hasil penelitian yang telah dicapai di bidang olahraga. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) dipublikasikan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli. Jurnal ILMIAH ...