cover
Contact Name
Karlina Dwijayanti
Contact Email
karlina.dwijayanti@lecture.utp.ac.id
Phone
+6285713051827
Journal Mail Official
jurnalpenjas.utp@gmail.com
Editorial Address
Jl. Walanda Maramis No.31, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57135
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran)
ISSN : 24423874     EISSN : 27757609     DOI : https://doi.org/10.36728/jip.v7i1
Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan konseptual serta hasil penelitian yang telah dicapai di bidang olahraga. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) dipublikasikan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli. Jurnal ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) secara khusus menitikberatkan pada permasalahan utama dalam pengembangan ilmu-ilmu keorahragaan sebagai berikut : 1. Pendidikan Jasmani 2. Biomekanika Olahraga 3. Olahraga Rekreasi 4. Aktivitas Fisik 5. Fisiologi Olahraga 6. Pedagogi Olahraga 7. Modifikasi Olahraga 8. Psikologi Olahraga 9. Olahraga Tradisional 10. Pembinaan Olahraga
Articles 189 Documents
PENINGKATAN PRESTASI PERKULIAHAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE TGT PADA MAHASISWA UTP SURAKARTA BAGUS KUNCORO
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 4 No. 1 (2018): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan prestasi perkuliahan lompat jauh pada mahasiswa utp smester satu melalui metode TGT. Penelitian ini menggunakan peneilitian tindakan kelas, dimana dalam penelitian menggunakan sistem penilaian trianggulasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan untuk tiap siklus. Subyek penelitian adalah mahasiswa Utp smester satu yang berjumlah 30mahasiswa. Sumber data untuk penelitian ini berasal dari data presensi yang diperoleh dari Kaprodi PKO FKIP UTP. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran kemampuan lompat jauh dan pengamatan dari proses berlatih. teknik analisis deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dan kuantitatif pada pengolahan data secara akurat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa metode peningkatan prestasi melalui TGT dapat meningkatkan prestasi lompat jauh mahasiswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari analisis data diperoleh hasil pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar lompat jauh pada mahasiswa yang tuntas sebanyak 22mahasiswa. Sedangkan pada siklus II peningkatan prestasi lompat jauh sebesar 27mahasiswa yang tuntas. Simpulan penelitian tindakan kelas ini adalah melalui penerapan metode TGT dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada mahasiswa PKO FKIP UTP Surakarta.
Penerapan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Kanan Bola Basket Pada Siswa Kelas X IPS 5 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 YOSEF RIZAL YUKARI UJAN; DJOKO NUGROHO
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 4 No. 1 (2018): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lay up  permainan bola basket menggunakan media pembelajaran pada siswa Kelas X IPS 5 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 5 yang berjumlah 22 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan peneliti. Teknik Pengumpulan data dengan observasi, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik persentase. Hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar, peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II. Pada prasiklus hasil belajar lay up permainan bola basket jumlah yang tuntas adalah 7 siswa (31,82 %) dan yang belum tuntas adalah 15 siswa (68,18 %). Pada siklus I hasil belajar lay up permainan bola basket jumlah yang tuntas adalah 13 siswa (59,10 %) dan yang belum tuntas adalah 9 siswa (40,90 %). Sedangkan pada siklus II hasil belajar lay up permainan bola basket jumlah yang tuntas adalah 19 siswa  (86,36 %) dan yang belum tuntas adalah 3 siswa (9,10 %). Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar lay up permainan bola basket telah mencapai target yang ditetapkan  pada siklus II bahkan melebihi target. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tehnik dasar lay up kanan pada siswa kelas X IPS 5 SMA N 6 Surakarta tahun ajaran 2016/2017
KANDUNGAN EKSTRAK CABE JAWA UNTUK ALTERNATIF ENERGI DALAM AKTIVITAS OLAHRAGA GALIH DWI PRADIPTA; BUYUNG KUSUMAWARDHANA; TUBAGUS HERLAMBANG
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 4 No. 1 (2018): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cabe jawa merupakan salah satu tanaman yangdiketahui memiliki efek stimulan terhadap sel saraf sehinggamampu meningkatkan stamina tubuh. Bagian yangdimanfaatkan sebagai afrodisiaka adalah buahnya dan didugasenyawa aktif yang berkhasiat afrodisiaka di dalam buahnyaadalah senyawa piperine. Pengolahan produk penghasil energi dapat memanfaatkan ekstrak cabe jawa yang tinggi akan kandungan piperine. Potensi ekstrak cabe jawa sebagai stimulan energi yang ditujukan untuk aktivitas olahraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsumsi ekstrak cabe jawa terhadap produksi energi dalam tubuh pada aktivitas olahraga.Subyekterdiridari 10 orang laki-lakiusia 18-21 tahundengankondisifisik yang terlatih. Peningkatanenergidalam tubuh pada aktivitas olahragadengantredmilldiukurmenggunakananalisa meliputi uji stamina tubuh, tes glukosa darah, dan tes tekanan darah. Untuk melihat adanya pengaruh konsumsi ekstrak cabe jawa terhadap produksi energi dalam tubuh pada aktivitas olahraga dilakukan analisis data analisis varian (ANOVA) dilanjutkan dengan uji beda nyata yaitu BNT (Beda Nyata Terkecil) menggunakan selang kepercayaan 1% dan 5% serta DMRT (Duncan Multiple Range Test) dengan selang kepercayaan 1% dan 5%. Terdapat pengaruh konsumsi ekstrak cabe jawa terhadap produksi energi pada aktivitas olahraga.  
PENANAMAN NILAI-NILAI OLAHRAGA SEBAGAI USAHA PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA RASYONO RASYONO
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 4 No. 1 (2018): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang didalamnya mengandung berbagai nilai-nilai luhur. Nilai-nilai luhur dalam olahraga melekat dalam gerakan olimpiade yang meliputi : 1). Visioner2).Peaceful (kedamaian), 3).No Discrimination, 4). Mutual Understanding, 5).Friendship, 6).Solidarity, 7).Fair Play, 8).Excellence, 9).Fun, 10).Respect, 11).Human Development  12). Leadership, 13).Motivation, 14).Team Work.Melalui pemahaman serta penanaman nilai-nilai luhur dalam olahraga akan berdampak pada pembentukan karakter yang berkualitas. Sebagai usaha menerapkan nilai-nilai luhur olahraga dalam pembentukan karakter setidaknya harus menanamkan tujuh komponen utama yakni : 1). Excellence in performance, 2). Joy and pleasure in partisipation, 3). Fairness of play, 4). Respect for other nations, cultures, religions, races and individuals, 5). Human quality development, 6). Leadership by sharing, training, working and competing
PENINGKATAN LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN METODE ROLEPLAYINGPADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGADIREJOTAHUN PELAJARAN2016/2017 HUNAYANI HUNAYANI; SLAMET SANTOSO
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 4 No. 1 (2018): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

  Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui penggunaan alat bantu pada siswa kelas IV SD Negeri Ngadirejo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngadirejo Kecamatan Tegalrejo yang berjumlah 17 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi atau Arsip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan alat bantu box kardus dengan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh siswa dari prasiklus diperoleh data 18% yang tuntas. Pada  siklus I diperoleh data 36% tuntas. Pada  siklus II.yang tuntas 82%. Dari data di atas  Proses belajar mengajar menggunakan alat bantu bax kardus dengan metode role playing menunjukkan adanya peningkatan hasil yang signifikan. Dengan demikian pembelajaran pada penjasorkes dalam belajar lompat jauh gaya jongkok bagi siswa kelas IV semester I tahun pelajaran 2016-2017 di SDN Ngadirejo Kecamatan Tegalrejo Magelang, dengan alat bantu box kardus dengan metode role playing.
PENGABDIAN TENIS LAPANGAN DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA UNTUNG NUGROHO
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 4 No. 1 (2018): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tenis Lapangan merupakan salah satu cabang olahraga yang dilakukan oleh seorang atau sepasang pemain yang berhadapan dengan dibatasi oleh jaring. Untuk memainkannya diperlukan raket dan bola yang terbuat dari karet yang berisi angin dan terbungkus dari bulu kempa. Selain membutuhkan kekuatan memukul bola, juga keterampilan menempatkan bola pada sisi yang kosong, agar pihak lawan sulit mengembalikan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mensosialisasikan olahraga tenis lapangan di sekitar surakarta dan Indonesia agar senantiasa selalu bugar berolahraga dan bisa memainkan olahraga tenis lapangan untuk pembibitan atlet tenis lapangan untuk prestasi tenis lapangan Indonesia.  
MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN TERINTERGRASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI NUR AZIS ROHMANSYAH
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 4 No. 1 (2018): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model pembelajaran yang terintegrasi dengan perkembangan anak usia dini akan memberikan perspektif baru dalam aktifitas-aktifitas bermain pada anak. Setiap gerakan yang tercipta bisa dijelaskan secara ilmiah, dibuktikan secara teori dan ke depannya bisa dilakukan perbaikan-perbaikan yang akan mengefisiensikan gerakan anak-anak. Permainan merupakan aktifitas yang mendominasi pada kurikulum sekolah dasar kelas atas. Anak-anak akan menghabiskan waktu dan energi untuk bermain demi kesenangan yang diinginkan. Permainan akan mengembangkan kemampuan anak secara fisik, tempat berosialisasi dengan orang lain, dan mengembangkan pemahaman kognitif melalui peraturan dalam permainan. Melalu bermain, saraf-saraf akan terstimulasi yang menyebabkan otak menjadi lebih aktif. Kemampuan motorik anak akan menjadi lebih terlatih dan terarah.
HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, DENGAN KEMAMPUAN LONG SERVICE DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA PEMAIN PEMBINAAN PRESTASI BULUTANGKIS UTP SURAKARTA TAHUN 2017 MUCHHAMAD SHOLEH
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 4 No. 1 (2018): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:  (1) Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Dengan Kemampuan Long Service Dalam Permainan Bulutangkis Pada Pemain Pembinaan Prestasi Badminton UTP Surakarta  Tahun 2017. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di Lapangan Gedung Bulutangkis Klub Yunior Pb Natura Prambanan. Dalam penelitian ini variabel bebas disebut juga sebagai prediktor dan variabel terikat yang disebut juga sebagai kriterium. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah  menggunakan teknik tes dan pengukuran. Adapun jenis tes yang digunakan adalah: ( 1). Kekuatan otot lengandi ukur dengan push up test dari Mulyono B, (1988:23). (2) Kemampuan Long servisdiukur dengan Tes Servis panjang (Sapta Kunta Purnama, 2010 : 31). Petunjuk peleksanaan masing-masing tes terlampir. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka simpulan yang dapat diperoleh adalah: (1) Ada hubungan yang signifikan antara Kekuatan Otot Lengan  dengan Long service  , rhitung = 0,478 > rtabel 5% = 0,361. (2) Ada hubungan yang signifikan antara Kekuatan Otot Lengan , Persepsi kinestetik  dan Panjang Rentang Lengan    dengan Long service  , R2y(1) sebesar 0,467 > rtabel5 % pada taraf signifikansi 5% sebesar 0.361 dan F0 sebesar 7,6015 > ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,89.
MENDORONG PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK TUNAGRAHITA MELALUI PERMAINAN EDUKATIF ARIF ROHMAN HAKIM
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 4 No. 3 (2018): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan kognitif anak adalah perkembangan yang berkaitan dengan kecerdasan anak yang diperlihatkan melalui kemampuan mengingat, mengenal dan memahami berbagai objek. Pemahaman atau pengertian anak dapat berkembang diperoleh dari hasil kematangan intelektual dan dari pengetahuan yang diperoleh anak dalam periode yang cukup panjang. Kemampuan untuk dapat memahami atau mengerti mengandung proses berpikir.Permainan merupakan aktivitas yang  akan selalu dilakukan oleh anak sepanjang tahap perkembanganya sesuai dengan usia kronologis. Permainan adalah bentuk aktivitas yang menyenangkan yang dilakukan semata-mata untuk aktivitas itu sendiri, bukan karena ingin memperoleh sesuatu yang dihasilkan dari aktivitas tersebut (Desmita, 2005). Tidak terkecuali untuk anak yang mengalami ketunagrahitaan, anak tunagrahita membutuhkan pengulangan-pengulangan yang sesuai karena daya memori anak tunagrahita yang cenderung mudah lupa. Terkait hal itu diperlukan alternatif permainan yang sifatnya edukatif untuk memudahkan anak tunagrahita bisa meningkatkan kognitifnya.
PENINGKATAN TEKNIK SERVIS PENDEK PADA BULUTANGKIS MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SOFYAN ARDYANTO
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 4 No. 3 (2018): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada permainan bulutangkis teknik dasar servis adalah pukulan pertama untuk mengawali permainan. Sehingga servis merupakan teknik yang penting dalam bulutangkis. Servis yang bagus dapat mengawali permainan bulutangkis dengan baik dan bisa menjalankan strategi sesuai dengan latihan-latihan yang telah di lakukan. Ketepatan pukulan dan ayunan tangan dalam melakukan pukulan menjadi satu kendala dalam melakukan servis pendek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar servis pendek mahasiswa semester 3 PJKR Unwahas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design, dengan populasi mahasiswa PJKR semester 3 berjumlah 53 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 53 orang, analisis data penelitian dilakukan dengan membandingkan data hasil pretest dan posttest setelah perlakuan menggunakan one sample t-test. Hasil penelitian didapatkan hasil rata-rata pretest adalah 38,51, dengan nilai tertinggi 54 dan nilai terendah 21. Sedangkan pada saat post test, didapatkan rata-rata nilai adalah 62,32. dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 48. Dengan demikian terlihat bahwa ada peningkatan hasil servis pendek dari pre test dan post test. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media audio visual efektif terhadap peningkatan hasil belajar servis pendek bulutangkis.

Page 1 of 19 | Total Record : 189