Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education)
Vol 3, No 2 (2021): OKTOBER 2021

Pengembangan Handout Titrasi Asam-Basa Berbasis Android Terintegrasi Model Discovery Learning dan Soal-soal HOTS

Catur Kurniawan (Universitas Negeri Medan)
Iis Siti Jahro (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil analisis mengenai kelebihan dan kekurangan Handout titrasi asam-basa di internet, (2) Tingkat kelayakan Handout Titrasi Asam-Basa Berbasis Android Terintegrasi Model Discovery Learning dan Soal-soal HOTS, (3) Respon Siswa dan respon guru terhadap Handout Titrasi Asam-Basa Berbasis Android Terintegrasi Model Discovery Learning dan Soal-soal HOTS yang dikembangkan. Jenis penelitiannya adalah (R&D) dengan menerapkan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan. Tahapan tersebut adalah define, design, develop, dan disseminate. Handout Titrasi Asam-Basa Berbasis Android Terintegrasi Model Discovery Learning dan Soal-soal HOTS yang telah dikembangkan divalidasi oleh 5 orang ahli dan diperoleh skor 94,72; 96.14; 99.10; 95,00 dan 98,11% masing-masing dikategorikan sangat layak. Respon siswa dan guru terhadap Handout Titrasi Asam-Basa Berbasis Android Terintegrasi Model Discovery Learning dan Soal-soal HOTS dikategorikan sangat baik dengan persentase 91,27 dan 100%. Itu menunjukkan bahwa Handout Titrasi Asam-Basa Berbasis Android Terintegrasi Model Discovery Learning dan Soal-soal HOTS layak diterapkan untuk proses belajar mengajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia ini berisi tentang inovasi pembelajaran dan pendidikan kimia, pengembangan media pembelajaran, model pembelajaran dan penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan ...