Jurnal Revolusi Indonesia
Vol 1 No 10 (2021): Jurnal Revolusi Indonesia

Literasi Manajemen Komunikasi Pemasaran dalam Melaksanakan Etika dan Standar Periklanan

M. Iwu Iyansyah (Univeritas Islam Kalimantan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)
Shintia Sari (Univeritas Islam Kalimantan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)
Syahrial Shaddiq (Univeritas Islam Kalimantan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)
H.M. Zainul (Univeritas Islam Kalimantan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2021

Abstract

Indonesia sebagai negara yang mempunyai populasi penduduk terbesar no. 4 di dunia memiliki jumlah penduduk 271.349.889 Juta jiwa pada tahun 2020, menjadikan negara ini harus memiliki penerapan ilmu teknologi yang sangat maju sebagai alat untuk mempermudah arus komunikasi dan transportasi. Periklanan adalah suatu proses komunikasi massa yang melibatkan sponsor tertentu, yakni pemasang iklan, yang membayar jasa sebuah media massa untuk penyiaran iklannya. Di sisi lain persaingan produksi semakin berkompetesi dalam pemasaran dicanangan perusahaan, dengan berbagai langkah strategis yang mereka kemas dalam manajemen komunikasi pemasaran. Disisi lain memang pada persaingan pemasaran tersebut acapkali menanggalkan etika dan standar periklanan. Hal ini sangat berpengaruh pada daya jual produksi yang dikemasnya hingga pada akhirnya menimbulkan persingan tidak sehat dan komsumen sebagai fokus pemasaran produksipun dikerjaai oleh manipulasi pemasaranan yang dikembagan. Metodologi penelitian yang digunakan merupakan penelitian kepustakaan dengan sifatnya deskriptif kualitatif untuk memberikan situasi manajemen komunikasi pemasaran dalam melaksanakan etika dan standar periklanan. Sedangkan Tujuan penelitian tersebut adalah membangun Citra merek merupakan nilai utama pemasaran dan brand telah menjadi elemen krusial yang berkontribusi terhadap kesuksesan sebuah organisasi pemasaran. Keputusan pembelian adalah keputusan yang diambil oleh pembeli sebenarnya dari sejumlah keputusan. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi yang merupakan penjelasan pengaruh satu variabel dengan variabel yang lain. Hasil penelitian itu diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi suatu perusahaan dalam mengemas produksinya dengan tetap mengedepankan etika dan standar periklanan yang berlaku.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jri

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Revolusi Indonesia (JRI) is a national scale journal covering social science studies. This journal focuses on community service, public administration, social influence, institutional, local government systems, public health, etc. Jurnal Revolusi Indonesia (JRI) will be issued regularly ...