Pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam satu dekade terakhir mengalami kenaikan dan juga penurunan. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik ekonomi Indonesia dalam rentang waktu 2010-2020 bergerak secara fluktuatif dengan kecenderungan menurun. Diluar adanya pandemi covid-19, kondisi ekonomi yang naik-turun tersebut pasti akan memberi pengaruh terhadap daya beli masyarakat. Pada penelitian kali ini dengan judul “Strategi Pemasaran Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT pada UD. Erni Jaya Bangunan Kediri” memiliki rumusan masalah bagaimana penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada UD. Erni Jaya Bangunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi perusahaan dalam persaingan usaha dan penerapan strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan volume penjualan Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan observasi dan wanwancara mendalam untuk mendapatkan data berkaitan tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang bertujuan agar perusahaan mengetahui kondisi dari internal dan eksternal perusahaan. Setelah analisis SWOT digunakan dan ditarik hasil dari kesimpulan kemudian dilanjutkan dengan Strategi pemasaran yang berupa bauran pemasaran 4P guna untuk menentukan strategi pemasaran manakah yang tepat untuk diterapkan. Dari Penelitian ini berdasarkan tabel analisis IFAS dan EFAS yang dilakukan di UD. Erni Jaya Bangunan menjukan bahwa berada dalam kuadran 1 dengan. Pilihan strategis adalah SO. Pada posisi ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.
Copyrights © 2021