Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 15, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan UNIGA

Analisis Soal Tes Pilihan Ganda Berbasis Higher Order Thinking Skill menggunakan Aplikasi Anates Windows Versi 4.0.9 For Windows

Ledi Merlin Purwati (Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)
Rizky Arianty (Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)
Diah Malaka Syakilah (Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)
Saiful Ridlo (Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)
Endang Susilaningsih (Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Indonesia dalam penilaian PISA termasuk dalam kategori rendah dalam kemampuan literasi. Hal ini diperlukannya berbagai upaya termasuk dalam evaluasi pembelajaran dengan menyediakan soal HOTS. Soal yang ideal akan melatih siswa untuk dapat berfikir kritis dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal tes pilihan ganda berbasis HOTS menggunakan aplikasi Anates 4.0.9 for windows. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang dibuat dalam penelitian ini ialah kisi-kisi soal dan butir soal HOTS. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV SDN 3 Kerandon Kabupaten Cirebon sejumlah 30 siswa. Hasil analisis menunjukkan mayoritas tingkat kesukaran soal kategori mudah, mayoritas daya pembeda soal kategori baik, efektivitas pengecoh kategori sangat baik, validitas soal sejumlah 16 dan soal yang diujikan bersifat reliabel. Hasil yang diperoleh kemudian dirangkum menjadi satu dalam rekap analisis butir soal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...