Pengembangan instrument yang digunakan untuk mengukur miskonsepsi bermacam-macam, beberapa instrumennya yaitu two-tier, three-tier, dan four tier. Dari beberapa instrument tersebut four-tier memiliki kemampuan menganalisa yang lebih akurat dikarenakan tes yang dilakukan sebanyak empat tingkat, yaitu: soal disertai jawaban berbentuk pilihan ganda, keyakinan terhadap jawaban, alasan memilih jawaban, keyakinan terhadap alasan. Peneliti tertarik melakukan pengembangan instrumen miskonsepsi jenis four-tier dan pada materi tata surya hal ini dikarenakan belum ada instumen pengukuran miskonsepsi berjenis four-tier pada materi tata surya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan 4D (four D model) oleh Thiagarajan, Dorothy, dan Melvyn. Sample yang peneliti dapatkan adalah sebanyak 50 siswa dimana 28 siswa dari dari SMPN 11 Batang Hari dan 22 siswa dari SMPN 3 Batanghari. Hasil penelitian ini adalah terdapat miskonsepsi yang di alami siswa kelas VIII SMPN 3 Batang Hari dan SMPN 11 Batang Hari, hal ini terlihat dari uji coba kelompok kecil pada pengembangan instrument miskonsepsi jenis four tier
Copyrights © 2021