KUMARA CENDEKIA
Vol 9, No 3 (2021): Kumara Cendekia

PROFIL KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING ANAK USIA 4-5 TAHUN

Frisca Oktaviany (PGPAUD UNS)
Ruli Hafidah (PG PAUD UNS)
Nurul Kusuma Dewi (PG PAUD UNS)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2021

Abstract

Profil kemampuan problem solving anak usia dini merupakan gambaran mengenai kondisi dari kemampuan problem solving pada anak usia dini yang disesuaikan dengan presentase perkembangannya. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui gambaran kemampuan problem solving anak usia 4-5 tahun di Gugus Melati Kecamatan Matesih. Pendekatan penelitan ini yaitu pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian yaitu survei. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah sampel sebanyak 98 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara awal, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas konstruk. Perolehan hasil kuesioner diolah dan mendapati bahwa sebanyak 6,12% anak yang masih kurang dan termasuk dalam kategori perkembangan yang kurang, sebanyak 33,67% anak yang termasuk dalam kategori cukup, dan sisanya sebanyak 60,21% anak yang termasuk dalam kategori perkembangan kemampuan yang baik. Berdasarkan uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan problem solving anak usia 4-5 tahun di Gugus Melati, Kecamatan Matesih memiliki capaian yang bervariasi, dengan kompetensi ditemukan bahwa perkembangan baik ditunjukan oleh sebagian besar anak, namun juga mendapati sebagian anak yang cukup ideal, dan di temukan pula anak yang kurang optimal dalam perkembangannya.Kata Kunci: Profil, kemampuan problem solving, anak usia 4-5 tahun

Copyrights © 2021