Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 8 No 5: Oktober 2021

Pengaruh E-Payment Trust terhadap Minat Transaksi pada E-Marketplace Menggunakan Framework Technology Acceptance Model (TAM) 3

Merryana Lestari (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Hindriyanto Dwi Purnomo (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Irwan Sembiring (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2021

Abstract

Transaksi melalui e-Marketplace dilakukan menggunakan transaksi pembayaran secara digital yang disebut sebagai layanan e-Payment. Oleh karena itu, e-Payment memegang peranan penting dalam proses transaksi jual beli pada e-Marketplace khususnya dalam transaksi pembayaran. Seringkali pengguna memiliki kekhawatiran tersendiri dalam melakukan transaksi pembayaran menggunakan e-Payment, salah satu kekhawatiran paling mendasar adalah mengenai jaminan integritas keamanan data dan privasi data pelanggan. Kepercayaan pengguna dipandang menjadi suatu resiko besar yang dapat memberikan pengaruh terhadap minat pembelian pada e-Marketplace. Melalui penelitian ini, akan dianalisis bagaimana tingkat pengaruh kepercayaan pengguna pada e-Payment di Indonesia terhadap transaksi pada e-Marketplace memakai metode Technology Acceptance Model (TAM) versi 3. Hasil penelitian ini merupakan bahan evaluasi bagi vendor e-Marketplace guna melakukan analisis seberapa sering pengguna melakukan transaksi di dalam e-Marketplace sehingga semakin memberikan kepercayaan pengguna untuk melakukan transaksi menggunakan layanan e-Payment. AbstractTransactions through e-Marketplace are carried out using digital payment transactions or commonly referred to as e-Payments. Therefore, e-Payment plays an important role in the process of buying and selling transactions on the e-Marketplace, especially in payment transactions. Often users have their own concerns in making payment transactions using e-Payment, one of the most basic concerns is about guaranteeing data security integrity and customer data privacy. User trust is seen as a big risk that can have an influence on buying interest in the e-Marketplace. Through this research, it will be analyzed how the level of influence of user trust in e-Payment in Indonesia on the impact of purchases on e-Marketplace using the Technology Acceptance Model 3 (TAM 3) framework. The results of this study can be used as evaluation material for e-Marketplace vendors to analyze how often users make transactions in the e-Marketplace so that it gives more confidence to users to make transactions using e-Payment services.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JTIIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya (UB), Malang sejak tahun 2014. JTIIK memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. JTIIK berkomitmen ...