Pro Bisnis
Vol 14, No 2: Agustus (2021)

RASIO KEUANGAN UNTUK MENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN: STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMSI

Isnaeni Rokhayati (Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Wijayakusuma Purwokerto)
Heri Cahyo (Unknown)
Ady Achadi (Unknown)
Ratnasari Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah menguji pengaruh rasio keuangan yang terdiri dari tingkat profitabilitas, likuiditas, serta leverage pada kinerja keuangan di perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data penelitian berupa laporan keuangan yang dipublish. Terdapat 16 perusahaan barang konsumsi pada 2016-2018 di BEI dan EVIEWS digunakan untuk analisis data panel. Hasil analisis menemukan net profit margin memiliki pengaruh positif signifikan pada kinerja keuangan. Dimana tingkat keuntungan perusahaan mengalami peningkata sehingga menyebabkan kinerja perusahaan akan meningkat. Current ratio dan debt equity ratio tidak berpengaruh pada kinerja perusahaan sehingga tingkat likuiditas dan leverage tidak mempengaruhi kinerja perusahaan. Kontribusi penelitian diharapkan mampu menyajikan informasi ke pihak menajemen untuk tetap memperhatikan rasio keuangan seperti tingkat likuiditas, profitabilitas dan solvabilitas. Perusahaan juga diharapkan dapat meningkatkan net profit margin, current ratio dan leverage perusahaan agar mencapai kinerja finansial perusahaan dalam keadaan baik. Hendaknya penelitian selanjutnya memperbanyak variabel lain baik variabel internal maupun variabel eksternal perusahaan, dan menambah waktu pengamatan agar dapat memberikan informasi yang lebih general.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PROBISNIS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Probisnis adalah jurnal ilmiah terbitan berkala yang memuat artikel bisnis dan ...