Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan mahasiswa dalam merancang media pembelajaran dengan pemahaman konsep fisika pada salah satu materi dalam fluida statis yaitu hukum Pascal pada mahasiswa pendidikan fisika Universitas Syiah Kuala. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kolerasi sejajar dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini ialah mahasiswa pendidikan fisika kelas regular B semester 8 yang telah mengambil mata kuliah laboratorium fisika II sebanyak 10 orang di Universitas Syiah Kuala. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep mahasiwa dan dokumentasi untuk untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam merancang media pembelajaran. berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji kolerasi product moment didapatkan hubungan antara kedua variabel sebesar 0,64 yang artinya terdapat hubungan yang kuat kemampuan mahasiswa dalam merancang media pembelajaran dengan pemahaman konsep. Setelah dilakukan uji hipotesis maka diperoleh bahwa ha diterima dan ho ditolak, karena nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel atau dapat dikatakan 2,44 2,306.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018