Tumbuh Kembang
Vol 8, No 1 (2021): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI MEI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) TERHADAP KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK HANDAYANI PALEMBANG

Dian Pratiwi (Universitas PGRI Palembang)
Bukman Lian (Universitas PGRI Palembang)
Ramadona Noverina (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan dilapangan dimana anak kelompok B1 TK Handayani Palembang kognitif masih rendah,  tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran beyond center and circle time (BCCT) terhadap kognitif pada anak kelompok B di TK Handayani Palembang Tahun 2020. Metode Penelitian ini didasarkan pada permasalahan di lapangan dimana anak kelompok B1 TK Handayani Palembang kognitif masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran beyond center and circle time (BCCT) terhadap kognitif pada anak kelompok B di TK Handayani Palembang Tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan yang didapat untuk post-test, uji normalitas data yang diperoleh adalah -0,397 dan pre-test diperoleh -0,0035. Nilai tersebut terletak antara (-1) dan (1) sehingga dapat dikatakan bahwa data kedua kelas tersebut terdistribusi normal. Kemudian hasil perhitungan uji normalitas data untuk Fhitung ? Ftabel atau 1,071 ? 4,67, maka varians-varians dinyatakan homogen. Selanjutnya satelah pengujian normalitas data dan homogenitas data dilakukan dinyatakan data tersebut terdisribusi normal dan varians dalam peneltian tersebut homogen, maka tahapan berikutnya Regrasi diperoleh ? = a + bX diperoleh nilai post-test adalah 61,59 dan nilai pre-test 61,58. Hasil hipotesis menunjukkan ada pengaruh dari model pembelajaran beyond center and circle time (BCCT) terhadap kognitif pada anak kelompok B di TK Handayani Palembang dengan hasil uji-t diperoleh thitung  4,090 > ttabel  2,131 berarti tolak Ho dan terima Ha diterima dengan hubungan sangat baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tumbuhkembang

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD (P-ISSN: 2355-7443, E-ISSN: 2657-0785), adalah jurnal peer-review online yang bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti, profesional, dosen, dan praktisi pendidikan pada semua topik yang berkaitan dengan pendidikan anak ...