Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Mahasiswa Semester V Tahun Ajaran 2020/2021 di FKIP Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini untuk mengetahui keterampilan proses sains dasar pada materi kalor dengan pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa ganda pilihan beralasan. Dari penelitian yang dilakukan kemudian menguasai proses sains mahasiswa calon guru fisika pada mahasiswa semester V di FKIP Universitas Sriwijaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika di FKIP Universitas Sriwijaya pada mahasiswa semester V tahun ajaran 2020/2021 termasuk dalam kriteria.untuk aspek keterampilan proses sains yang dominan yakni keterampilan proses sains mengamati dimana (60,47%) sedang kriteria. Diikuti oleh tiga aspek keterampilan lainnya yaitu aspek mengkomunikasi (59,69%), simpulan menyimpulkan (51,16%), simpulan kesimpulan (46,51%) yang termasuk kreteria sedang, namun untuk aspek pengklasifikasian (37,98%) ) ) termasuk Kriteria Rendah. Maka keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika harus ditingkatkan lagi.
Copyrights © 2021