JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA
Vol 6 No 3 (2021): Jurnal Pendidikan Rokania

TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU TAMAN KANAK-KANAK SMART PARAHYANGAN KABUPATEN KAMPAR

Fenny Anita (Universitas Abdurrab)
Noprieka Suriadiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2021

Abstract

Fungsi bahasa bagi manusia merupakan alat komunikasi yang penting. Salah satu fungsinya digunakan sebagai sarana interaksi dan bekerja sama dalam kehidupan masyarakat. Seorang penutur mengerti dan memahami apa yang disampaikan, untuk mencapai tujuan bersama dalam komunikasi. Peristiwa tutur merupakan proses berlangsungnya interaksi linguistik dalam suatu bentuk ujaran atau lebih yang melibatkan dua belah pihak, yaitu penutur dan lawan tutur dengan satu pokok tuturan, di dalam waktu, tempat dan situasi tertentu. Dalam proses pembelajaran di sekolah untuk menyampaikan sebuah tuturan seorang guru Taman Kanak-kanak menggunakan berbagai tindak tutur, yaitu tindak tutur ilokusi, lokusi dan perlokusi yang memiliki fungsi dalam tuturannya untuk melaksanakan proses pembelajaran. Tuturan guru pada jenjang Taman Kanak-kanak tersebut bermaksud memberi motivasi belajar pada siswanya. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis dan fungsi tindak tutur ilokusi yang digunakan guru Taman Kanak-kanak Smart Parahyayang Kabupaten Kampar. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru dan murid Taman Kanak-kanak Smart Parahyangan Kabupaten Kampar. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari analisis data dapat dismpulkan bahwa tindak tutur ilokusi guru taman kanak-kanak Smart Parahyangan Kabupaten Kampar dalam proses pembelajaran terdapat dua belas jenis tindak tutur dan lima fungsi tindak tutur. Adapun penjabarannya sebagai berikut: (a) jenis tindak tutur ilokusi guru taman kanak-kanak Smart Parahyangan Kabupaten Kampar dalam proses pembelajaran yang terjadi antara guru dan siswa sebanyak dua belas jenis tindak tutur; (b) fungsi tindak ilokusi guru taman kanak-kanak Smart Parahyangan Kabupaten Kampar dalam proses pembelajaran dikelas terungkap sebanyak lima fungsi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpr

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA merupakan jurnal ilmiah penelitian pendidikan dan pembelajaran yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Rokania, yang terbit tiga kali dalam setahun pada bulan Maret, Juli dan Nopember. Artikel ...