JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Rancang Bangun Trianer Pembelajaran Programble Logic Controler (PLC) Berbasis Arduino Uno

Alvendri, Dio (Unknown)
Almasri, Almasri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2021

Abstract

Permasalahan dalam perancangan media ini adalah masih minimnya media pembelajaran PLC di sekolah menengah kejuruan. Hal ini disebabkan oleh media pembelajaran PLC memiliki harga yang relatif tinggi untuk pengoperasian pada tingkat SMK untuk pembelajaran. Maka dalam perancangan tersebut bertujuan untuk membuat trianer programmable logic controller (PLC) berbasis Arduino Uno yang layak digunakan sebagai media pembelajaran Teknik kontrol Sistem Mekatronik dengan program keahlian Teknik Mekatronika dengan harga yang dapat terjangkau. Trianer PLC yang dibuat dilengkapi dengan modul berbentuk jobsheet pembelajaran. Dalam perancangan media trainer PLC berbasis Arduino Uno tersebut untuk mencapai tingkat kelayakan suatu produk maka dilakukan pengujian validitas kelayakan, pengujian dilakukan agar produk yang dihasilkan berbentuk Trianer dapat digunakan sebagai pembelajaran dan aman digunakan untuk siswa terutama pada tingkat sekolah menengah keatas (SMK). Hasil uji kelayakan dari dua guru matapelajaran diperoleh pada indikator desain sebesar 90% dengan kategori “sangat valid”. Dari indikator teknis sebesar 87.5% dengan kategori “sangat valid”, untuk persen rata rata kedua validator sebesar 89,38%.Jadi dari hasil uji validasi atau kelayakan tersebut dapat diketahui bahwa media pembelajaran trainer PLC sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran, PLC berbasis Arduino Uno ini diuji kelayakanya oleh dua orang guru mata pelajaran Teknik Kontrol Sistem Mekatronik SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...