JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Konsep Angka Melalui Metode Demonstrasi di TK/PAUD

Rangkuti, Darajat (Unknown)
Rangkuti, Darmina Eka Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal konsep dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi pada pokok bahasan pengenalan konsep bilangan 1-10. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah anak-anak yang berada di kelompok A PAUD Adetia Tembung. Objek penelitian adalah metode pembelajaran demonstrasi, dan kemampuan kognitif mengenal angka. Analisis data menggunakan persentase. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus dan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak mengenal angka yang berkembang sangat baik pada setiap indikatornya menunjukkan adanya peningkatan yang baik setelah dilakukan tindakan pada siklus II, dimana anak dapat mengenali atau membilang dengan benda-benda 86,6%, anak dapat menyebut urutan bilangan 100%, anak meniru lambang bilangan 93,3%, anak dapat menunjuk lambang bilangan 86,6%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...