Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal konsep dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi pada pokok bahasan pengenalan konsep bilangan 1-10. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah anak-anak yang berada di kelompok A PAUD Adetia Tembung. Objek penelitian adalah metode pembelajaran demonstrasi, dan kemampuan kognitif mengenal angka. Analisis data menggunakan persentase. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus dan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak mengenal angka yang berkembang sangat baik pada setiap indikatornya menunjukkan adanya peningkatan yang baik setelah dilakukan tindakan pada siklus II, dimana anak dapat mengenali atau membilang dengan benda-benda 86,6%, anak dapat menyebut urutan bilangan 100%, anak meniru lambang bilangan 93,3%, anak dapat menunjuk lambang bilangan 86,6%.
Copyrights © 2021