JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5- 6 Tahun

Nurmalasari, Eva (Unknown)
Febrialismanto, Febrialismanto (Unknown)
Chairilsyah, Daviq (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2021

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar hubungan antara kecerdasan emosional dengan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah yaitu sebagai berikut: 1) Populasi, 2) sampel, 3) pengambilan data, 4) pengisian lembar observasi, 5) pengolahan data dan 6) kesimpulan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional yang bertujun untuk melihat adakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan kepercayaan diri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini disusun dalam bentuk lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana Pearson Product Moment. Dari hasil penelitian menunjukkan jumlah skor kepercayaan diri yaitu 69,168% “Cukup baik” sedangkan kecerdasan emosinal 67,068% “Cukup baik” dan hubungan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri adalah 19,71% berhubungan sangat kuat atau signifikan. Dengan perkataan lain semakin tinggi kecerdasan emosional anak maka akan semakin tinggi pula kepercayaan diri anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...