Jurnal Basicedu
Vol 5, No 6 (2021): December Pages 5001-6500

Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mewujudkan Sekolah Damai di Tengah-Tengah Kehidupan Masyarakat Pluralis

Aulia Nur Jannah (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Putri Salma N (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Rachmi Nursifa Yahya (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Dinie Anggraeni Dewi (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Yayang Furi Furnamasari (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2021

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan dalam mewujudkan sekolah damai di tengah kehidupan masyarakat pluralis menjadikan suatu tantangan dan keberagaman dalam kehidupan yang diharapkan suatu bangsa dapatmewujudkan sikap saling menghargai dan memiliki keharmonisan hidup tanpa adanya konflik sosial dalam masyarakat yang pluralis. Tulisan ini bertujuan untuk membentuk karakter dan membangun kesadaran para generasi muda khususnya para siswa dan siswi dalam berbangsa dan bernegara di Sekolah.  Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif sebagai gambaran untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidikan kewarganegaraan memiliki peranan yang penting dalam mewujudkan sekolah damai. Menurut Suyanto dalam Zulnuraini pendidikan kewarganegaraan merupakan pendidikan karakter  yang tinggi di dalam kelas budi pekerti yang melibatkan tiga aktivitas yaitu kognitif (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action) dalam membangun serta menumbuhkan karakter yang baik untuk menjalankan kehidupan dalam bermasyarakat

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...