Penelitian ini bertujuan untuk: (i) menghasilkan model guided discovery berorientasi pembelajaran Abad 21 bermuatan Tri Kaya Parisudha; (ii) menghasilkan model guided discovery berorientasi pembelajaran abad 21 bermuatan Tri Kaya Parisudha yang valid. Model guided discovery berorientasi pembelajaran abad 21 bermuatan Tri Kaya Parisudha mengkaitkan keterampilan pada pembelajaran abad 21, yaitu critical thinking, collaboration, communication, dan creativity dengan konsep Tri Kaya Parisudha, yaitu Manacika, Wacika, dan Kayika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan desain dan produk (Design and Development) dengan menggunakan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini terdiri atas 2 orang ahli, 5 orang mahasiswa, dan 5 orang guru sekolah dasar. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) bentuk pengembangan model guided discovery berorientasi pembelajaran abad 21 bermuatan Tri Kaya Parisudha berupa sintaks model discovery learning berorientasi pembelajaran abad 21 bermuatan Tri Kaya Parisudha; (ii) pengembangan model guided discovery berorientasi pembelajaran abad 21 Â bermuatan Tri Kaya Parisudha secara empiris telah menunjukkan validitasnya baik berdasarkan hasil ahli bahasa, ahli konten, respon mahasiswa, maupun respon guru SD yang memberikan penilaian pada kategori sangat baik.
Copyrights © 2021