Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol 9, No 2 (2021): Desember

Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE Pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Izzaturahma, Elza (Unknown)
Mahadewi, Luh Putu Putrini (Unknown)
Simamora, Alexander Hamonangan (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran yang ada di Sekolah Dasar. Guru masih menggunakan media konvensional dalam menyampaikan materi pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian merumuskan masalah dan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan rancang bangun media video animasi pada pelajaran tema 5 cuaca untuk siswa kelas III semester ganjil di Sekolah Dasar, dan mendeskripsikan validitas media video animasi pada pelajaran tema 5 cuaca untuk siswa kelas III semester ganjil di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaiatu kualitatif dan kuantitatif. Model penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu satu ahli desain pembelajaran, satu ahli media pembelajaran, satu ahli isi pembelajaran, tiga orang siswa uji coba perorangan, dan sembilan orang siswa uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data menggunakan metode pencatatan dokumentasi, metode wawancara, metode observasi, dan metode kuesioner. Instrument penelitian menggunakan lembar pencatatan dokumen, lembar kuesioner, dan lembar wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tujuan penelitian yang pertama yaitu rancang bangun media video animasi dengan menggunakan tahap pengembangan ADDIE, pada tujuan penelitian yang kedua dengan melihat hasil validitas menyimpulkan bahwa pada hasil oleh uji ahli desain pembelajaran dengan skor 88% kualifikasi baik, uji ahli media pembelajaran dengan skor 95% kualifikasi sangat baik, uji ahli isi pembelajaran dengan skor 94% kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan dengan skor 93,34% kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil dengan skor 92,94% kualifikasi sangat baik. Dari simpulan di atas dapat disimpulkan bahwa media produk ini sangat baik dan mampu memanfaatkan pembelajaran kepada siswa dan guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...