Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 2 (2021): May 2021

Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo

Dajani Suleman (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)
Yatun R. Hanafi (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Rahmat (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membacapermulaan melalui metode Scramble di kelas II SDN 3 Tibawa kabupatenGorontalo. Rumusan masalah yakni “apakah melalui metode Scrambledapatmeningkatkan kemampun siswa membaca permulaan di kelas II SDN 3TibawaKabupaten Gorontalo? Berdasarkan hasil observasi awal siswa yang mampumembaca permulaan yakni 14 siswa atau 41%, setelah penelitian siklus Imenunjukan bahwa siswa yang mampu berjumlah 24 siswa atau 72% hal tersebutbelum mencapai indikator kinerja yang diharapkan sehingga dilakukan tindak lanjutke siklus II. Pada siklus II menunjukan adanya peningkatan, siswa yang mampumenjadi 29 siswa atau 87% sehingga dapat disimpulkan bahwa denganmenggunakan metode Scramble kemampuan siswa membaca permulaan di kelasII SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...