EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Problem Solving Siswa pada Materi Aritmatika Sosial

Nur Yuliani (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Sitti Mania (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Dian Magfirah (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Fitriani Nur (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Suharti Suharti (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini ialah pembuatan produk berupa instrumen tes yang bermaksud untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah para siswa. Proses penelitian ini mengadopsi rangkaian tahapan dari model pengembangan tipe formative evaluation. Informasi data didapatkan melalui observasi dan interview dengan menggunakan angket, tes, serta lembar validasi sebagai alat ukur/instrumennya. Data dianalisis hingga memenuhi kevalidan dan kepraktisan. Dari rangkaian penelitian, diperoleh bahwa produk instrumen tes yang sudah dikembangkan sudah valid dan praktis dengan perolehan skor validitas 0.78 serta 74% dan 83% untuk skor kepraktisan. Jadi instrumen tes sudah dinyatakan layak untuk diaplikasikan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...