EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Analisis Pembelajaran Saintifik dalam Pendidikan Islam

Sedya Santosa (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Badratun Nafis (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Dalam kurikulum 2013 pendekatan yang digunakan untuk pembelajaran saat ini yaitu pendekatan saintifik yang mana pendekatan ini menekankan pada student center. Adapun tujuan pembelajaran saintifik ini untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa, dapat menyelesaikan masalah secara sistematis, dan menjadikan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu kajian pustaka atau (library research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Pendekatan saintifik memuat aktivitas mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi. Jika pembelajaran saintifik diintegrasikan ke dalam pendidikan islam pada pembentukkan karakter maka peserta didik dapat membangun nilai-nilai karakter yang ada dalam dirinya melalui lingkungan terdekat yaitu keluarga,  sekolah dan masyarakat.  Dalam proses penanaman  nilai-nilai karakter, kebiasaan belajar dan keteladanan perlu dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan nilai  karakter yang diharapkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...