Penelelitian ini betujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) terhadap Hasil Belajar pada meteri Dimensi Tiga SMK dengan tiga indikator yaitu aktivitas pesrta didik, hasil belajar dan respon siswa terhadap proses pembelajaran. Jenis penelitian ini pre-ekprerimen dan jenis desain penelitiannya pre- Ekperimen the one group pretes-postet yang dilaksanakan dua kali pertemuan. Sampel dalam penelitian ini siswa SMK Muhammadiyah Kleas XII Rasau Jaya sebanyak 21 orang. Hasil penelitian di tunjukan pada pengamatan atau aktivitas siswa bahwa terlihat dr hasil persentasi 87% perserta didik antusia dalam mengikuti pembelajaran tesebut dan aktif dalam bertanya serta perseerta berani dalam menyampaikan pendapat. Persentasi 87% sudah memenuhi indikator pencapaian kriteria minimal. Hasil belajar di lihar dari evaluasi di tujukan denagn hasil pretest dan posttest. Hasil pretest persentasinya 70.47%, sedangkan posttest persentasi 77,14% jadi hasil tes soal menunjuka bahwa mencapai kriteria ketuntasan., dan Repon siswa terhadap pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) bahwa dalam persentasi 95.85% respon positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut , dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) pada siswa KELAS XII efektif di tinjau dr aktifitas siswa ,respon siswa positif dan kecapaian hasil belajar.
Copyrights © 2021