EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Riani Angreni Buaton (Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)
Anton Sitepu (Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)
Darinda Sofia Tanjung (Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku di SD Swasta Advent Timbang Deli Medan kelas IV pada tahun 2020/2021. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptip analitik. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV yang diteliti satu kelas berjumlah 35 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation termasuksud kategori sangat baik dengan rata-rata 87,23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat pada nilai koefisien korelasi sebesar 0,640 artinya rhitung (0,640) > rtabel (0,361) maka ha diterima maka terdapat pengaruh yang kuat antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV SD Swasta Advent Timbang Deli Medan dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana thitung > ttabel yaitu 4,786 > 1,703 sehingga menyatakan bawah hipotesis Ha diterima

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...