EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021)

Quo Vadis Motivasi Intrinsik Pegawai: Peran Strategis Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja

Muhamad Agung Ali Fikri (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Masduki Asbari (STMIK Insan Pembangunan, Indonesia)
Dhaniel Hutagalung (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Lala Hucadinota Ainul Amri (Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia)
Dewiana Novitasari (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2021

Abstract

Memotivasi pegawai di era Revolusi Industri 4.0 untuk meraih kinerja yang lebih baik adalah masalah utama bagi perusahaan manufaktur saat ini, lebih-lebih di saat pandemic, perusahaan masih terus berjuang untuk tetap eksis di masa krisis ini. Studi ini menyelidiki apakah praktik kepemimpinan transformasional mempengaruhi motivasi intrinsik pegawai, sekaligus mempertimbangkan efek mediasi dari variable basic need satisfaction. Data dikumpulkan dari 109 karyawan salah satu industri manufaktur swasta di Jawa Barat dengan menggunakan metode kuantitatif dan survei konfirmasi dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Studi ini menunjukkan bahwa praktik kepemimpinan transformasional memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi intrinsik pegawai, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi basic need satisfaction. Hasil penelitian ini dapat memiliki implikasi yang signifikan terhadap pengambilan keputusan manajerial SDM tentang praktik kepemimpinan transformasional di lingkungan karyawan industri manufaktur di Indonesia. Di samping itu, studi ini juga membantu manajemen SDM industri manufaktur untuk serius menilai rencana investasi pengembangan SDM dalam bentuk implementasi praktik kepemimpinan transformasional untuk bertahan di era digital ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...