Nilai – nilai yang terkandung pada pancasil merupakan nilai fondasi serta nilai yang dijadikan acuan dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia, maka dari itu pengimplelemtasian nilai Pancasila harus dimulai ketika anak masih usia dini. Sehingga kelak nilai-nilai Pancasila tersebut dapat mendarah daging pada diri anak. Penanaman nilai pancasila pada anak dapat dilakukan melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Agar memaksimalkan tujuan pembelajaran pendidik harus memilih dan menentukan metode serta strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan demikian pembelajaran ini didukung oleh metode Contextual Teaching and Learning, Metode tersebut merupakan metode pembelajaran yang menekankan siswa untuk dapat menghubungkan konsep pengetahuan yang telah diperoleh dengan kehidupan nyatanya. Penelitian ini peneliti menggunakan metode studi literature terhadap beberapa konsep yang berkaitan dengan penelitian ini, serta dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana setelah menelusuri berbagai sumber peneliti menyimpulkan dalam urairan makna yang dapat dipahami. Dalam mengimplementasi nilai-nilai Pancasila ini tentu tidak selamanya berjalan sesuai rencana, namun terdapat tantangan-tantangan yang menghambat dikarenakan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin berkembang. Namun dengan adanya tantangan tersebut sebagai pendidik harus lebih memutar otak agar dapat mengatasi berbagai tantangan yang menghambat dalam pengimplementasian tersebut.
Copyrights © 2021