EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Adopsi E-Commerce oleh Umkm di Banten: Analisis Pengaruh Theory Of Planned Behavior

Erni Taruli Pebrina (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Ipang Sasono (STMIK Insan Pembangunan, Indonesia)
Dhaniel Hutagalung (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Riyanto Riyanto (STMIK Insan Pembangunan, Indonesia)
Masduki Asbari (STMIK Insan Pembangunan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk menemukan dan mendefinisikan model yang dapat menjelaskan adopsi E-commerce oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada pelaku usaha tersebut di Banten. Data dikumpulkan dari 93 karyawan UMKM, yang bekerja pada UMKM di Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan survei konfirmasi dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Studi ini menunjukkan bahwa: Pertama, attitude toward using berpengaruh signifikan positif terhadap intention to use. Kedua, subjective norm berpengaruh signifikan pada intention to use. Ketiga, perceived behavior control berpengaruh pada intention to use. Keempat, intention to use berpengaruh signifikan pada usage behavior. Kelima, perceived behavior control berpengaruh pada usage behavior. Studi ini menguatkan fakta bahwa theory of planned behavior mampu menjelaskan tentang adopsi e-commerce pada pelaku UMKM di Banten.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...