Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2021)

Deskripsi Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo

Putri Istiqomah Sulistiyono (Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Perry Zakaria (Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Kartin Usman (Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Abdul Wahab Abdullah (Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika di tinjau dari gaya kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 6 Gorontalo serta mengetahui hasil belajar peserta didik yang mempunyai gaya kognitif field independent lebih tinggi atau lebih rendah dari field dependent. penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian 30 siswa yang diambil secara acak. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes GEFT (Group Embedded Figure Test) dan tes objektif hasil belajar matematika. Adapun indikator yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa ada 4 yaitu : pengetahuan (C1), pemahaman (C2), dan aplikasi (C3), analisis (C4). Hasil penelitian menyatakan peserta didik yang mempunyai hasil belajar matematika pada kategori field independent sebagian besar sudah mampu menyelesaikan soal yang diberikan dan siswa pada kategori field dependent sebagian siswa belum bisa dalam menyelesaikan soal yang diberikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Laplace

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

"LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika" is intended to disseminate the results of research on Mathematics Education as one form of publication of Tri Darma Perguruan Tinggi which has been made by Lecturers, Teachers, Alumni and Experts. This journal encompasses original research articles, review ...