JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 5, No 3 (2021): September (JIKAP PGSD)

PENGARUH METODE MONTESSORI BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Fitriani Sinaga (Unika Santo Thomas Medan)
Anton Sitepu (Unknown)
Dewi Anzelina (Unknown)
Darinda Sofia Tanjung (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2021

Abstract

Abstrak; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Montessori berbasis media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku di SDN 4 Singkam Kecamatan Sianjur Mulamula Kabupaten Samosir. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Sampel dalam penelitian yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IVA berjumlah 28 siswa  dan kelas IVB berjumlah 28 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal yang telah diuji validasi dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan hasil 0,200 > 0,05 dimana data berdistribusi normal. Dari uji homogenitas terdapat signifikansi 0,927 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa varians data homogen di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji signifikansi dilakukan untuk menguji hipotesis, yaitu dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Diperoleh nilai thitung = 7,636 sedangkan ttabel =1,703. Karena thitung ≥ ttabel (7,636 ≥ 1,703) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Melalui uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode montessori berbasis media pembelajaran dengan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...