Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 7 No. 2 (2021)

Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Drama dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan di Kelas XI SMAN 9 Gowa

Asis Nojeng (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Amal Akbar (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Suparmin Suparmin (SMA Negeri 9 Gowa)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks drama dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar khususnya menulis teks drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Gowa. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pelaksanaannya terdiri dari beberapa siklus yang dimulai dari perencanaan. Kemampuan menulis teks drama merupakan kemampuan yang penyajiannya logis dan objektif sesuai dengan benda, situasi keadaan yang diamati. hasil analisis penelitian dan pembahasan penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Kemampuan menulis teks drama kelas XI SMAN 9 Gowa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa setelah mengikuti pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan teks drama sebagai model dalam pembelajaran melalui pendekatan kontekstual mengalami peningkatan. Hasil data dari tes prasiklus menunjukkan skor rata-rata kelas sebesar 58,04 dan pada siklus I rata-rata kelas sebesar 67. Hal ini berarti menunjukkan ada peningkatan sebesar 9. Pada siklis II menghasilkan skor rata-rata kelas sebesar 80,2. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,2%. Jadi terjadi peningktan keterampilan menulis drama dengan pendektan kontekstual pemodelan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...