Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 7 (2021): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII

DESAIN PERMAINAN SHARF BLOCK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SHARF BAGI PEMULA

Fitra Awalia Rahmawati (Unknown)
Afni Nurwardah (Unknown)
Khoirunnisa Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2021

Abstract

Dalam pengembangan kognitif manusia, Piaget percaya bahwasannya perkembangan kognitif berlangsung melalui empat tahap, dan salah satu tahapnya adalah Tahap Operasional Kongkrit dimana anak sudah menggunakan pemikiran logika dengan cukup matang dimana anak akan mengalami kesulitan jika dihadapkan kepada sesuatu tanpa objek fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengubah image pembelajaran materi sharf yang terkesan sulit dan membosankan menjadi lebih menyenangkan berdasarkan perkembangan kognitif anak. Adapun penelitian ini menggunakan metode R&D Level 1 dimana peneliti merancang sebuah produk dengan tidak mengujikannya. Hasil dari penelitian ini adalah dengan dirancangnya sebuah permainan bernama “Sharf Block” yang diadopsi dari permainan JENGA dimana permainan ini akan melibatkan sistem kognitif dan psikomotorik anak.Kata Kunci: Pembelajaran Sharf, Media Pembelajaran, Permainan Sharf Block.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...