Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 7 No. 4 (2021): October-December

Kemampuan Peserta Didik Selama Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar

Widanti Widanti (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Nur Ngazizah (Unknown)
Muflikhul Khaq (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2021

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 membuat semua aktivitas harus dilakukan dari rumah, termasuk pada sektor pendidikan atau yang biasa disebut dengan BDR. Peserta didik merupakan elemen penting dalam kegiatan pengajaran, dimana mereka berperan sebagai subjek belajar. Oleh karena itu, peserta didik harus mengembangkan kemampuannya meskipun pembelajaran dilakukan dari rumah tanpa bertatap muka langsung dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik selama belajar dari rumah pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kabupaten Purworejo. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket untuk mengetahui aspek afektif, soal untuk mengetahui aspek kognitif dan lembar observasi untuk mengetahui aspek psikomotor peserta didik yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan afektif peserta didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kabupaten Purworejo yaitu dalam kategori baik dengan persentase 73%. Kemampuan kognitif peserta didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kabupaten Purworejo yaitu dalam kategori cukup baik dengan persentase 57%. Kemampuan psikomotor peserta didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kabupaten Purworejo yaitu dalam kategori baik dengan persentase 78%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...