Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021

PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE KERJA KELOMPOK DAN TEKNIK DRILL PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

-, Sarjiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2021

Abstract

Mendapati banyak sekali pendidik yang menggunakan waktu pelajaran dengan kegiatan membahas tugas yang lalu dilanjutkan pelajaran baru dan memberi tugas kepada peserta didik. Akibatnya sampai saat ini, masih banyak kesulitan-kesulitan terutama pemahaman konsep yang dialami peserta didik, khususnya pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan mengetahui keefektifan pada pelajaran matematika pada materi faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB menggunakan metode kerja kelompok dan teknik drill. Metode yang digunakan sebagai cara untuk menjawab rumusan masalah ialah metode penelitian kelas yang terdiri atas tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan metode kerja kelompok dan teknik drill. Sumber data diperoleh dari dua sumber yaitu peserta didik dan pendidik. hasil. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan ialah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh terdiri atas dua pokok bahasan antara lain prestasi belajar yang meningkat dengan selisih skor 37,83% menjadi 75,43%, dan adanya pengaruh positif berupa meningkatnya motivasi belajar peserta didik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...