Pedagogia: Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 2 (2016): Agustus

Pendekatan Holistik dan Kolaboratif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Ermawati Zulikhatin Nuroh (Jl. Mojopahit 666B Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2016

Abstract

Pendekatan merupakan seperangkat wawasan yang secara sistematis digunakan sebagai landasan berpikir dalam menggarap bahan dan menentukan prosedur kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Dominasi pendekatan holistik dan kolaboratif tersebut, karena faktor tujuan pengajaran bahasa yang bergeser seiring tuntutan kebutuhan pembelajar dan kurikulum, juga disebabkan adanya anggapan kegagalan pendekatan sebelumnya. Pada tahap tertentu, pendekatan holistik akan lebih sesuai daripada pendekatan kolaboratif, begitu pula sebaliknya. Dengan demikian, pendekatan baru tersebut memberikan kemungkinan-kemungkinan bagi guru maupun pembelajar untuk menempuh berbagai cara untuk sampai pada tujuan pembelajaran. Dengan kata lain, pendekatan holistik maupun kolaboratif bisa diurutkan dan diintegrasikan dengan bentuk-bentuk kegiatan program pembelajaran bahasa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education Other

Description

Aim : This journal aimed at communicating the results of research of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of education covering teaching areas in primary education or all education, applied science and critical analytical studies education. - Readers targeted by this ...